Senin, 15 November 2010

Kecelakaan Kapal Laut Terparah di Dunia

1. MV Doña Paz
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUDBl1xj9a8qfBy21rvMv5JmOru9TY9fVelH-VcNSnly91ygrohzu4BtUapsOTMH-03rNSX867HjUDGktFmI2kOvRcAk-jk2fESaA0cDE9cnMdWU2T9oqxUpdf4mTix6j1TqgU1_oMSg/s400/8.jpg
Jumlah korban : 4.375 orang
Doña Paz adalah kapal ferry penumpang yg tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal tangker “Vector” pada tanggal 20 Desember 1987. Saat itu kapal sedang melakukan perjalanan dari kepulauan Samar – Filipina. Ketika berada di selat Tablas diantara pulau Mindoro dan Tablas kapal bertabrakan dengan kapal tangker “Vector” yg sedang membawa 8.800 barel minyak. Muatan dari kapal tangker itu langsung terbakar dan menyambar Doña Paz. Saking ganasnya api Doña Paz tenggelam hanya beberapa menit kemudian

2. Halifax Explosion
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYATi2FhsTwtJSSEhJNW7h9cgtk0Vh3JLm8eiksVJ-pju1cUVdAobJaWb2Jm6ZUFREY39uKFkKz-pjdJduC1cojPpmoq9rzkZCLeIPum8l_RvoKoycOIlhtWldzuLVTGtIgKeJHdvxzg/s400/40459.jpg
Jumlah korban : 1.950 orang
Ledakan Halifax terjadi pada hari Kamis, 6 Desember 1917 saat kota Halifax, Nova Scotia-Kanada hancur lebur akibat ledakan dahsyat dari sebuah kapal kargo Prancis “Mont-Blanc” yang membawa muatan penuh berisi mesiu dan bahan peledak untuk militer. Kapal ini tertabrak kapal Norwegia “The Narrows” di salah satu bagian pelabuhan Halifax. Ledakan membunuh hampir 2000 org diakibatkan serpihan, api dan runtuhnya bangunan-bangunan di dalam radius 2 km dari lokasi kejadian. Diperkirakan sekitar 9.000 org terluka akibat peristiwa ini. Sampai sekarang ledakan tersebut masih memegang rekor sebagai ledakan konvensional terbesar yg dihasilkan oleh manusia. Saking hebatnya efek ledakan tersebut sampai menimbulkan tsunami yg kemudian menyapu pepohonan, membengkokkan rel kereta api, menghanyutkan rumah, mobil dan membawa serpihan-serpihan Mont-Blanc berkilo-kilometer jauhnya.

3. MV Joola
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlLhhrlnyunmWyj9G6kTyg9sJz37_2NmwGprhLNKeSPlibc9cXbQWtLEgML2DLXtoPIFl7xdNEXfZTt62ZRNWY8rDYgLsVlAQLDXpd7jrb-5iAFRIxiYpHfpEt9VbJXrf_FI4eWIGjIQ/s400/lejoolacapsized.jpg
Jumlah korban : 1.863 orang
MV Le Joola adalah kapal ferry penumpang milik pemerintah Senegal yg tenggelam di dekat pantai wilayah Gambia pada tanggal 26 September 2002. Sebenarnya kapal ini berkapasitas 580 org tapi pada saat itu diperkirakan hampir 2000 orang yg berada diatas kapal.

4. Sultana
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgPvF_XpzfkFXKWKz2nWx_Uq_5_m1yQPTl2_e2rGxj3rGzOE-B9d_hqdeDMhWiP1yjk7SJXQH-BfaKuGgaCHw8BuWN-AhIPQUEFGjsYCsTHMQ3YrHY7bPZv0vWAqZD5P72ljjqWAl5urw/s400/rms_titanic_400px.jpg
Jumlah korban : 1.800 orang
hancur dalam sebuah ledakan pada tanggal 27 April 1865. Peristiwa ini tercatat sebagai tragedi terburuk dalam dunia maritim di Amerika Serikat. Diperkirakan 1.800 dari 2.400 penumpang kapal terbunuh saat salah satu dari empat boiler (tungku pemanas) meledak, Sultana tenggelam tidak jauh dari Memphis – Tennessee. Sebagian besar penumpang adalah bekas tahanan dari pasukan Konfederasi yang dikirim kembali ke rumah mereka. Ledakan akibat kebocoran dan kurangnya perawatan dari tungku pemanas menyebabkan hancurnya separuh badan kapal dan batu bara panas yg beterbangan membakar habis sisa badan kapal.

5. RMS Titanic
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgPvF_XpzfkFXKWKz2nWx_Uq_5_m1yQPTl2_e2rGxj3rGzOE-B9d_hqdeDMhWiP1yjk7SJXQH-BfaKuGgaCHw8BuWN-AhIPQUEFGjsYCsTHMQ3YrHY7bPZv0vWAqZD5P72ljjqWAl5urw/s400/rms_titanic_400px.jpg
Jumlah korban : 1.517 orang
RMS Titanic adalah sebuah kapal penumpang kelas berat yg dimiliki perusahaan pelayaran White Star Line. Pada tanggal 14 April 1912 dalam pelayaran perdananya , Titanic menabrak sebuah iceberg (gunung es) dan tenggelam 2 jam 40 menit kemudian. Pada saat pertama kali diluncurkan Titanic menjadi kapal uap penumpang terbesar di dunia. Titanic dibangun dengan teknologi paling baru pada masa itu dan diiklankan sebagai kapal yg “tidak akan bisa tenggelam” dalam brosur-brosur promosinya. Tragedi Titanic sangat mengguncang dunia karena disamping kapal yg “canggih” kru kapal jg terdiri dari orang-orang yg sangat berpengalaman, namun korban yg tewas masih sangat besar. Tragedi ini kemudian merubah hukum-hukummaritim di dunia dan penemuan bangkai kapal pada tahun 1985 semakin membuat musibah Titanic menjadi legenda sampai saat ini.

6. RMS Empress of Irelan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_j7RQyGCdpBVMFIcngTpjWgB8PlWSb-pFIPtm-jkYmUQkC6UUuQ-pLqksb5OedvyYhyphenhyphen4bhP4CU45VE_rMYOyyGOYwbm3svEYd_0nyztP0bM-UeOeh3-QKcvB7tno2oss4bMGw04rOtQ/s400/empress_of_ireland_wreck.jpg
Jumlah korban : 1.012 orang
RMS Empress of Ireland adalah kapal penumpang lintas samudra yg dibuat pada tahun 1905-1906. Pada tanggal 28 Mei 1914 kapal ini berangkat dari Quebec-Kanada menuju Liverpool-Inggris mengangkut 1.477 penumpang dan awak kapal. Henry George Kendall adalah kapten kapal yg baru dipromosikan pada awal bulan dan saat itu pertama kali dia memimpin kapal melalui terusan dekat Pointe-au-Père - Quebec ditengah hadangan kabut tebal. Pada pukul 02:00 sebuah kapal Norwegia “Storstad” menabrak samping kapal.tenggelam hanya dalam waktu 14 menit beserta 1.012 penumpang dan awaknya.

7. MS Estonia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgYHKlhgkKV3JKF91YK01uCvoQiHz9_73rVhUc3tGgk3LX3EVEHQI4j02rW-tCh3g78R_Cj8YkhGppf6GFoISUE1iCKpd_jLG-c4ZG1nDncjajJiLYED3bG9s_ktRh9EPvpM-WN_Li2Lg/s400/estonia2.jpg
Jumlah korban : 852 orang
MS Estonia adalah kapal ferry buatan Jerman tahun 1979. Musibah MS Estonia terjadi pada tanggal 28 September 1994 saat berlayar menyeberangi Laut Baltik dalam perjalanannya dari Tallinn-Estonia menuju Stockholm-Swedia. Saat itu kapal membawa 989 penumpang dan awak kapal. Pada pukul 01:00 tanda-tanda akan terjadinya musibah berawal dari bunyi-bunyi aneh akibat benturan logam dengan logam namun dari pemeriksaan pada “bow visor” tidak terlihat adanya kerusakan. Pada pukul 01:15 bow visor diketahui terlepas dari ujung kapal sehingga membuat badan MS Estonia miring ke kanan. Pukul 01:20 terdengar sebuah suara lemah dari seorang wanita “Häire, häire, laeval on häire” bahasa Estonia dari “Alarm, alarm, alarm berbunyi di dalam kapal” melalui saluran pengeras suara. Beberapa saat kemudian baru terdengar tanda bahaya berbunyi dan prosedur menurunkan sekoci penyelamat mulai dilakukan. Sayangnya saat itu kapal sudah miring sekitar 30° - 40° ke kanan. Pesan “Mayday” dikirimkan awak kapal pada pukul 01:22, tapi pesan tersebut ternyata tidak sesuai dengan standard internasional. Karena kehabisan tenaga posisi kapal menjadi sulit diketahui dan memperlambat upaya penyelamatan.

8. SS Eastland
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh8z-STanGnEv6NoSEPHR1mCFhyphenhyphen5iFoWT_e7n7-SFmzkXrtwsUZAghSmMGh74PjYghJASTYSYGxgY2m5FJQaCP2caGGP4i_QI-Usd7izB2mUsL7aBoE7hk0ed3rSVCNqsy6Kf72cJoWhQ/s400/upturnedeastland.jpg
Jumlah korban : 845 orang
S.S. Eastland adalah kapal penumpang dari Chicago yg digunakan untuk tur wisata. Pada tanggal 24 Juli 1915 kapal ini bersama dengan dua kapal uap lainnya “The Theodore Roosevelt” dan “The Petoskey”, disewa untuk mengangkut para pegawai Chicago’s Western Electric Company berlibur ke Michigan City – Indiana. Bagi para pegawai ini adalah momen yg sangat mereka nantikan karena kebanyakan dari para pekerja ini tidak akan mampu untuk berlibur dengan biaya sendiri (pd masa itu Amerika sedang dilanda resesi ekonomi). tiba-tiba miring ke kiri lalu terguling pada sisinya dan tenggelam sedalam 20 kaki dibawah permukaan air. Meskipun tidak terlalu dalam dan segera dilakukan operasi penyelamatan oleh kapal “Kenosha” yg bergegas merapat di lambung S.S. Eastland namun kejadian yg tiba-tiba dan banyak orang yg tertimpa furniture berat seperti piano, rak buku dan meja membuat ratusan orang terperangkap dibawah air.

9. HMS Birkenhead
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhTdFYHtKQxS9TPqeoxQLUFJisViehMsp30-w8ZxLchGnMmT8dNNVqZ2baTRuiklqFbjscfvu8oGyCWYxjx-j2WVL-pn6Az07tSyfzC45g7ShGI0-hNoZpD3gkK3CS8R50vA6GP_zRb5A/s320/birkenhead.jpg
Jumlah korban : 460 orang
HMS Birkenhead adalah salah satu kapal dengan lambung besi pertama yg dibuat untuk angkatan laut kerajaan Ingris (Royal Navy).  Pada tgl 26 Februari 1852 ketika mengangkut pasukan ke Afrika kapal ini karam di Gansbaai dekat Cape Town, South Africa. Tidak tersedia sekoci penyelamat yg cukup untuk seluruh penumpang namun demikian para prajurit ini dengan gagah berani tetap mempersilahkan penumpang wanita dan anak-anak untuk naik ke sekoci yg ada. Akhirnya cuma ada 193 org dari 643 org yg selamat dari musibah ini. Kisah heroik para prajurit ini menjadi dasar protokol “women and children first” saat prosedur penyelamatan musibah laut.

10. KMP Tampomas II
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJxE7VhNl6txP_xfVKfOLF7ZRJkBAxo2STYDKvMq_7Avha2TBz67PRATqkwc6UZLua4N2jW05Sp9UShz4cP6dMENHl31wVb0-tNoYU-zTeqZlo3A8hNt1A97UP18jJLXTSbYwtMbrS0w/s400/tampomas02.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJxE7VhNl6txP_xfVKfOLF7ZRJkBAxo2STYDKvMq_7Avha2TBz67PRATqkwc6UZLua4N2jW05Sp9UShz4cP6dMENHl31wVb0-tNoYU-zTeqZlo3A8hNt1A97UP18jJLXTSbYwtMbrS0w/s400/tampomas02.jpg
Jumlah korban : 431 orang
Tampomas II berlayar dari Jakarta menuju Sulawesi dengan membawa puluhan kendaraan roda empat, sepeda motor dan 1054 penumpang terdaftar serta 82 kru kapal. Perkiraan mengatakan total penumpang di kapal tersebut adalah 1442 orang. Dalam kondisi badai laut di malam hari tanggal 25 Januari beberapa bagian mesin mengalami kebocoran bahan bakar, diduga percikan api timbul dari puntung rokok yang melalui kipas ventilasi yang menjadi penyebab kebakaran. tanggal 26 Januari Laut Jawa mengalami hujan deras, api menjalar ke ruang mesin di mana terdapat ruang bahan bakar yang tidak terisolasi. Pagi hari 27 Januari terjadi ledakan dan membuat air laut masuk ke ruang mesin (ruang propeler dan ruang generator terisi air laut), yang membuat kapal menjadi miring 45° dan tenggelam 30 jam sejak percikan api pertama menjalar. Sampai tanggal 29 Januari tim SAR gagal melakukan pencarian karena besarnya badai laut, dan 5 hari kemudian 80 orang yang selamat dalam sekoci ditemukan 150Km dari lokasi kejadian karamnya Tampomas. Estimasi tim menyebutkan 431 tewas (143 ditemukan mayatnya dan 288 hilang/karam bersama kapal) dan 753 berhasil diselamatkan. Tampomas II merupakan kapal pembelian dari Jepang. Isu yang beredar adalah kapal motor yang sudah berumur lebih dari 25 tahun yang dibeli dari Jepang yang dimodifikasi tahun 1971. Hasil investigasi kapal tersebut adalah kapal bekas yang dipoles dan dijual dengan harga dua kali lipatnya.

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus